ASN Kemenag Provinsi Bantu Ribuan Warga Terdampak Covid, Menag: Inspiratif

Jakarta (Kemenag) --- Kepedulian sangat penting dalam menghadapi pandemi, antara lain seperti yang dilakukan ASN Kanwil Kemenag Bali, Jawa Tengah, dan Kankemenag Tuban. Mereka menyisihkan sebagian gajinya untuk membantu warga miskin yang terdampak Covid-19. 

Aksi ini mendapat atensi dan apresiasi dari Menag Yaqut Cholil Qoumas. "Kepedulian yang ditunjukkan ASN Kemenag Bali sangat positif. Isi aksi yang sangat inspiratif," tegas Menag di Jakarta, Sabtu (14/8/2021).

Apresiasi juga disampaikan Menag kepada jajaran ASN Kemenag Tuban. Mereka telah melakukan aksi solidaritas dengan membagikan paket vitamin dan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan. Aksi ini juga dibarengi dengan sosialisasi protokol kesehatan di masa pandemi.

Ribuan paket sembako juga telah didistribusikan kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19 oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kanwil Kemenag Jawa Tengah. Aksi peduli ini dilakukan di sejumlah Kab/Kota, yaitu: Rembang, Pati, Banjarnegara, Purworejo, Karanganyar, Sragen, dan Banyumas.

Menag minta agar aksi peduli seperti ini juga dilakukan oleh Kanwil Kemenag provinsi lainnya. "Dalam kondisi seperti sekarang ini, penting bagi kita untuk saling membantu masyarakat terdampak pandemi dan juga membantu masyarakat yang sedang menjalani isolasi mandiri," pesan Menag. 

"Semua ASN Kemenag juga harus tetap disiplin dan menjadi teladan dalam pelaksanaan protokol kesehatan 5M dan doa, serta ikut vaksinasi," lanjutnya.

Kepala Kanwil Kemenag Bali Komang Sri Marheni mengatakan, pihaknya mengajak jajarannya untuk menyisihkan sebagian gaji guna  membantu rakyat miskin terdampak Covid-19.

"Sampai sekarang sudah disalurkan lebih dari 10 ribu paket bantuan, berupa masker, vitamin, buah-buahan, dan lainnya dengan nilai per paket Rp100.000," terang Komang Sri.

Selain itu, lanjutnya, Kanwil Kemenag Bali juga mengumpulkan beras dari lembaga-lembaga keagamaan untuk disalurkan ke warga yang membutuhkan. "Sampai sekarang telah disalurkan lebih dari 1000 ton beras," tandasnya.