Nasional

Aplikasi Teknik Alat Berat Karya Siswa MAN 1 Kudus Juara III Sobat Competition 2022

Aplikasi MAN 1 Kudus raih Juara III Sobat Competition 2022

Aplikasi MAN 1 Kudus raih Juara III Sobat Competition 2022

Kudus (Kemenag) --- Tim Riset MAN 1 Kudus meraih Juara III Sobat Competition 2022 yang diselenggarakan PT United Tractors (Member of Astra). Tim Riset MAN 1 Kudus terdiri atas Syam Aji Prasetiadi dan Faza Naqiatuz Zahro. Keduanya adalah siswa kelas XI MIPA 8.

SOBAT Competition merupakan salah satu wujud implementasi penerapan 14 pilar program SOBAT untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif. SOBAT Competition juga memberikan dampak terhadap peningkatan prestasi siswa-mahasiswa dan sekolah binaan dalam pemeringkatan kualitas SOBAT. Sejak diadakan pada 2019, SOBAT Competition memperoleh respon yang sangat positif, tercermin dari bertambah banyaknya jumlah Sekolah (SMK/SMA & Politeknik/Universitas) yang berpartisipasi tiap tahunnya.

Kompetisi ini diadakan secara daring pada Juni - Oktober 2022. Di bawah bimbingan Nurul Khotimah, Syam Aji dan Faza menampilkan riset Teknik Alat Berat untuk Anak SMK yang berjudul Inovasi Aplikasi Edukasi Pembelajaran Tab (Teknik Alat Berat).

Syam Aji mengisahkan bahwa tim MAN 1 Kudus bisa ikut kompetisi ini setelah melalui seleksi ketat yang diadakan PT United Tractors. SOBAT Competition 2022 diikuti 435 tim, terbagi dalam dua jenjang: universitas dan SMA/SMK. Jenjang Universitas/Politeknik diikuti 60 tim. Sementara jenjang SMA/SMK diikuti 287 inovasi umum dan 88 tim inovasi TAB (Teknik Alat Berat). Para peserta berasal dari berbagai provinsi di Indonesia.

“Tim MAN 1 Kudus mengikuti lomba pada inovasi TAB. Ajang ini terdiri dari tiga tahap, yaitu: penyusunan abstrak, penyusunan makalah, dan seleksi akhir prototype,” terang Syam, panggilan akrabnya, di Kudus, Selasa (18/10/2022).

Faza Naqiatuz Zahro menambahkan, aplikasi yang dibuat tak lepas dari pengamatannya selama ini mengenai kurangnya pembelajaran berbasis android tentang TAB (Teknik Alat Berat). Untuk itu, dia bersama tim menggali ide membuat aplikasi TAB sehingga dapat digunakan oleh anak-anak program studi teknik SMK/sekolah vokasi.

Faza mengaku, pembuatan aplikasi pembelajaran TAB (Teknik Alat Berat) berbasis android membutuhkan perjuangan yang sangat kuat dan rela pulang malam. Namun, support orang tua membuat tim semangat untuk menyelesaiakan projectnya.

“Saya mulai mengenal dan menyukai dunia perkomputeran sejak usia 2 tahun. Berlandaskan dari rutinitas harian dalam belajar & menyukai hal yg baru menjadi sebuah tantangan masalah untuk diselesaikan sehingga menjadi kebiasaan menumbuhkan semangat juang untuk bisa berinovasi,” ujarnya.

Aplikasi Edukasi Pembelajaran Tab ini terdiri atas konten belajar materi, belajar tanya jawab, dan bermain game. Game-nya terdiri atas dua alur, yaitu: alur game tebak kata atau gambar dan alur bermain petualangan. Pada tebak kata, terdapat pertanyaan berupa gambar atau kalimat. Pengguna harus memilih jawaban yang benar dari pertanyaan yang dicantumkan.

“Pada pilihan adventure, user diarahkan ke layout berjalannya game petualangan. Di sana pengguna dapat bermain dengan menggerakkan tokoh pada game sesuai dengan arahnya,” jelasnya.

Selaku guru pembimbing, Nurul Khotimah bersyukur atas prestasi yang diraih Tim Riset MAN 1 Kudus. “Alhamdulillah, tim riset MAN 1 Kudus berhasil meraih juara III. Harapannya penelitian yang telah dikembangkan oleh anak didiknya dapat digunakan di aplikasi Playstore dan didaftarkan hak patennya. Adanya hak paten dapat menjadi pelindung karya-karya siswanya,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Kepala MAN 1 Kudus, Taufik. Dia bersyukur dan mengapresiasi prestasi siswanya di tingkat nasional ini. Dia berharap pencapaian ini menambah motivasi seluruh siswa untuk terus berprestasi, baik kancah nasional maupun Internasional.

“Prestasi ini tak lepas dari Program Riset di MAN 1 Kudus. Tim pembimbing riset yaitu Arif, Ahmed, Zida, Nurul, dan Ady mendukung penuh program yang telah dilakukan,” tandasnya. (Ahmed)

Berikut daftar pemenang SOBAT Competition 2022 Kategori SMA/SMK Inovasi Teknik Alat Berat:

1. Juara I: SMKN 5 Banjarmasin (Penggunaan DC Electric Motor Pada Rotates Main Pump Simulator Mini Excavator)
2. Juara II: SMK Muhammadiyah 3 Samarinda (Realtime Monitoring Analisa Pelumas)
3. Juara III: MAN 1 Kudus (Inovasi Aplikasi Edukasi Pembelajaran Tab atau Teknik Alat Berat)
4. Harapan I: SMK Ma’arif NU 1 Sumpiuh (Simulator Handle Operator Dan Aksi Gerak Excavator)
5. Harapan II: SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen (Komatsu Pc200 Engine Lubrication System With Led Flow Chart)


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua