Nasional

Ada E-PAK RUPAWAN, Penilaian Angka Kredit Guru dan Pengawas Madrasah Kini Hanya 14 Hari

Penilaian Angka Kredit Guru dan Pengawas Madrasah

Penilaian Angka Kredit Guru dan Pengawas Madrasah

Serpong (Kemenag) --- Satu lagi kemudahan layanan dihadirkan Kementerian Agama untuk guru dan pengawas madrasah. Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah telah mengembangkan aplikasi E-PAK RUPAWAN (Elektronik Penilaian Angka Kredit Guru dan Pengawas Negeri).

Dengan aplikasi ini, Penilaian Angka Kredit hanya memakan waktu 14 hari kerja. Terobosan ini sebagai bagian dari bentuk transformasi digital yang menjadi salah satu program prioritas Kementerian Agama.

"Dengan adanya penilaian elektronik ini, guru dan pengawas madrasah dapat merasakan manfaatnya secara cepat, transparan, dan akuntabel sebagaimana arahan Gus Menteri (Menteri Agama-red)," tutur Direktur GTK Madrasah, Muhammad Zain di Serpong, Senin (13/3/2023).

Guru dan Pengawas Madrasah, kata M Zain, kini tak perlu menunggu lama untuk memperoleh SK-PAK yang telah diajukan. Mereka bahkan dapat langsung mengunduh SK-PAK melalui akun masing-masing.

Menurut M Zain, saat ini pihaknya sudah menerima 1.800 berkas pengajuan kenaikan pangkat. Dari jumlah itu, sebanyak 398 berkas telah dinyatakan memenuhi persyaratan dan 363 di antaranya telah dinyatakan lulus. Selain itu, ada juga 99 usulan penilaian angka kredit pengawas dengan 91 di antaranya telah dinyatakan lulus.

"Total 454 guru dan pengawas madrasah lulus berkas pada angkatan 1 ini. Ada beberapa guru dan pengawas yang harus melengkapi berkas usulan. Guru dan pengawas madrasah yang telah dinyatakan lulus bisa langsung mengunduh SK-PAK nya melalui akun masing-masing," terang Muhammad Zain.

Kasubdit Bina GTK RA, Irhas Sobirin menambahkan, keberhasilan pelaksanaan dan implementasi penilaian digital tersebut tak lepas dari kolaborasi dan integrasi antara aplikasi EPAK RUPAWAN besutan Direktorat GTK Madrasah dan aplikasi SIMPEG 5.0 yang dikembangkan Biro Kepegawaian Kemenag.

"Pelaksanaan penilaian angka kredit angkatan 1 ini tuntas sesuai dengan target, di mana persentase 91,2% telah dinyatakan lulus," tuturnya.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua