Nasional

91.106 Jemaah Sudah Diberangkatkan ke Tanah Suci

Plh Kepala Biro Humas, Data dan Informasi, Wawan Djunaedi

Plh Kepala Biro Humas, Data dan Informasi, Wawan Djunaedi

Jakarta (Kemenag) ---- Operasional Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1443 H/2022 M, memasuki hari ke-30.

"Sampai hari ini, total yang telah diberangkatkan ke Tanah Suci sebanyak 91.106 orang," kata Plh Biro Humas, Data dan Informasi, Wawan Djunaedi saat memberikan keterangan pers di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Minggu (3/7/2022).

"Jemaah Haji Khusus yang telah tiba di tanah suci sampai hari ini sebanyak 4.815 orang," sambungnya.

Wawan, sapaan akrabnya, menyampaikan bahwa saat ini adalah hari terakhir fase keberangkatan jemaah haji Indonesia. Ada dua kelompok terbang (Kloter) yang berangkat dari dua embarkasi, yakni kloter 44 Embarkasi Jakarta - Bekasi/JKS dan kloter 43 Embarkasi Solo/SOC (Solo).

"Sebanyak 615 orang yang merupakan kloter terakhir keberangkatan jemaah haji reguler Indonesia. Masing-masing, JKS: 1 kloter dengan jumlah jemaah dan petugas 255 orang; dan SOC: 1 kloter dengan jumlah jemaah dan petugas 360 orang," kata Wawan.

Dengan demikian, lanjut Wawan, seluruh jemaah haji reguler telah selesai diberangkatkan. Untuk jemaah haji khusus, masih ada pemberangkatan dalam beberapa hari ke depan.

Terkait data jemaah sakit, Wawan mengatakan bahwa pada hari ini tercatat sebanyak 122 orang, terdiri atas 104 orang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) dan 18 orang dirawat di RSAS.

"Jemaah wafat hari ini bertambah 1 orang, atas nama Kiroatul Khoiroh Basari, perempuan, 60 tahun, nomor paspor C65 91 479, kloter SUB37, asal Embarkasi SUB (Surabaya). Sehingga sampai hari ini jemaah wafat sebanyak 20 orang," tandasnya.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua