Nasional

80 UMK Sumbar Terima Sertifikat Halal Selfdeclare

Penyerahan Sertifikat Halal bagi UMK di Sumatera Barat, Kamis (29/09/2022) (Foto: Rina)

Penyerahan Sertifikat Halal bagi UMK di Sumatera Barat, Kamis (29/09/2022) (Foto: Rina)

Padang (Kemenag) --- Sebanyak 80 pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) Sumatera Barat (Sumbar) terima sertifikat halal (SH). Mereka merupakan bagian dari 25 ribu UMK yang mendapat fasilitasi Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) melalui mekanisme pernyataan pelaku usaha (selfdeclare) dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag).

Sertifikat halal ini disampaikan secara simbolis oleh Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi dalam pembukaan Pameran UMKM Sumbar Malagak yang digelar sebagai rangkaian HUT ke-77 Provinsi Sumatera Barat, di GOR Agus Salim, Padang, Sumatera Barat.

Mahyeldi yang didampingi Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat Helmi mengapresiasi program Sehati. "Kami menyampaikan terima kasih kepada Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat yang telah serius mengawal dan memfasilitasi UMKM untuk mendapatkan sertifikasi halal gratis," ujar Mahyeldi, Kamis (29/09/2022).

Menurut Mahyeldi, sertifikasi halal menjadi keharusan bagi UMKM Sumbar untuk dapat masuk ke pasar global. "Seluruh produk UMKM yang berasal dari Sumbar ini nantinya harus bersertifikat halal. Dukungan fasilitasi sertifikasi halal gratis yang sebagian kita serahkan hari ini, amat berarti bagi UMKM di Sumbar," tuturnya.

Mahyeldi menyebutkan Sumatera Barat memiliki lebih dari 600 ribu UMKM. "Perlu kolaborasi dari semua dinas yang ada untuk mengembangkan UMKM yang sangat potensial ini," kata Mahyeldi.

"Pameran UMKM Sumbar Malagak ini juga merupakan salah satu bentuk kolaborasi tersebut," imbuhnya.

Senada dengan Gubernur Mahyeldi, Kakanwil Kemenag Helmi mendorong pelaku usaha di Sumatera Barat untuk segera mensertifikasi halal produk-produknya agar siap masuk ke pasar global. "Saat ini BPJPH Kemenag masih memiliki 300 ribu kuota fasilitasi sertifikasi halal gratis. Pelaku usaha harus memanfaatkan momen ini," ujar Helmi.

Helmi menyampaikan, berdasarkan data Sistem Informasi Halal (SiHALAL) BPJPH, hingga hari ini baru ada sekitar 700-an pelaku usaha asal Sumbar yang telah bersertifikat halal BPJPH. "Bagi pelaku usaha Sumbar yang ingin mendapatkan informasi terkait program Sertifikasi Halal Gratis, silakan mengunjungi stan Halal Indonesia di Pameran UMKM Malagak," ujar Helmi.

"Di sana, pelaku usaha dapat berkonsultasi dengan tim BPJPH, Satgas Halal Kanwil Kemenag Sumbar, Lembaga Pemeriksa Halal, serta Lembaga Pendamping Proses Produk Halal," sambungnya.

Pameran UMKM Sumbar Malagak merupakan pameran yang diinisiasi Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumbar. Kegiatan yang diikuti ratusan UMKM dari berbagai daerah di Indonesia ini berlangsung di GOR Agus Salim, Kota Padang mulai 29 September - 2 Oktober 2022.


Editor: Indah
Fotografer: Istimewa

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua