Nasional

78.369 Jemaah Haji Sudah Tiba di Tanah Air

Kepala Biro Humas, Data dan Informasi, Akhmad Fauzin

Kepala Biro Humas, Data dan Informasi, Akhmad Fauzin

Jakarta (Kemenag) ----- Operasional Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1443H/2022M telah memasuki hari ke-66. Proses pemulangan Jemaah haji Indonesia terus berlangsung dan sampai hari ini berjalan lancar.

“Jumlah Jemaah Haji yang telah tiba di tanah air sebanyak 78.369 orang,” kata Kepala Biro Humas, Data dan Informasi, Akhmad Fauzin saat Konferensi Pers di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Senin (8/8/2022).

Hari ini juga, lanjut Akhmad Fauzin, ada delapan kloter jemaah haji Indonesia yang kembali ke tanah air. Mereka tergabung dalam delapan kelompok terbang (Kloter) dan menuju enam debarkasi. Masing-masing satu kloter menuju Debarkasi BTH/Batam (450 orang), BPN/Balikpapan (360 orang), PLM/Palembang (450 orang), SOC/Solo (360 orang), UPG/Ujungpandang (389 orang) dan Debarkasi JKS/Jakarta Saudia Bekasi sebanyak 3 kloter (1.230 orang).

“Total sebanyak 3.243 orang,” sambung Akhmad Fauzin.

Terkait Jemaah sakit, Akhmad Fauzin menyampaikan bahwa data hari ini ada 34 orang yang dirawat. Dengan rincian, sebanyak 16 orang dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS), dan 18 lainnya dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI).

“Sementara, data jemaah wafat sampai hari ini sebanyak 85 orang,” tandas Akhmad Fauzin.

Akhmad Fauzin juga menyampaikan bahwa seluruh unsur PPIH Arab Saudi yang bertugas di wilayah Daerah Kerja Makkah telah dipulangkan ke tanah air. Pemerintah mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh petugas Daerah Kerja Makkah atas kerja keras dan kerja samanya. Dedikasi mereka sangat luar biasa dalam melayani jemaah, siang dan malam tidak mengenal waktu.

“Semoga Allah Swt membalas segala kerja kerasnya dengan kebaikan yang berlipat-lipat, dan dimasukkan dalam golongan haji yang mabrur. Amin ya Rabbal Alamin,” tutup Akhmad Fauzin.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua