Nasional

484 CJH Bondowoso Diminta Jaga Kesehatan

Bondowoso, 11/12 (Pinmas) - Departemen Agama (Depag) Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur meminta kepada 484 calon jamaah haji (CJH) dalam menunggu masa pemberangkatan 14 Desember mendatang dapat dimanfaatkan untuk tetap menjaga kebugaran dan kesehatan. Kepala Kantor Departemen Agama (Kandepag) Bondowoso Drs Kholil Syafie, Senin mengatakan kebugaran dan kesehatan calon haji merupakan faktor penentu jadi atau tidaknya CJH diberangkatkan ke tanah suci Makkah. Bila kondisi kesehatan memburuk, katanya, jelas jadwal keberangakatan akan dibatalkan. Ini sudah menjadi standar persyaratan bagi CJH yang akan berangkat ke tanah suci.

"OLeh karena itu sambil menunggu jadwal pemberangkatan ke embarkasi, calon haji bisa lebih maksimal dalam mempersiapkan diri dengan menjaga kebugaran dan kesehatan," ujarnya. Apalagi lanjut dia, kondisi di tanah suci pada masa haji tahun ini sangat dingin mencapai 20-30 derajat celcius sehingga membutuhkan kehangatan badan dan fisik yang kuat. Untuk menjaga badan agar tetap hangat, CJH diharapkan bisa membawa bubuk jahe untuk minum-minuman di tanah suci Mekkah.

"Bawa saja minuman jahe secukupnya," ujarnya. CJH Bondowoso yang berangkat pada 14 Desember mendatang masuk dalam Kloter 53 dan 54 sehingga mereka harus berpencar. Sesampainya di Asrama Haji Sukolilo, para jamaah akan melakukan cek kesehatan terakhir sebagai penentu bisa tidaknya CJH itu berangkat. Tim medis di embarkasi Djuanda akan menentukan berdasarkan hasil pemeriksaan. Untuk itu, kita berharap agar CJH benar-benar menjaga kebugaran dan kesehatan menjelang keberangkatan ke tanah suci.(Ant/Myd)

Tags:

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua