Nasional

380 Peserta Bersaing dalam Lomba Vlog 'Halal itu Apa Sih?'

Kepala Pusat Registrasi dan Sertifikasi Halal BPJPH, Mastuki

Kepala Pusat Registrasi dan Sertifikasi Halal BPJPH, Mastuki

Jakarta (Kemenag) --- Masa pendaftaran Halal Vlog Competition 2021 sudah berakhir. Kompetisi ini digelar oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag.

Kepala Pusat Registrasi dan Sertifikasi Halal BPJPH, Mastuki, mengatakan bahwa antusias masyarakat untuk mengikuti Halal Vlog Competition 2021 cukup besar. Sampai dengan penutupan, tercatat 380 video yang diterima oleh panitia.

"Sekarang sudah masuk tahap masa penjurian, setelah sedikitnya 3.854 orang mengakses website pendaftaran lomba dan 380 video telah diterima panitia melalui link yang tersedia," jelas Mastuki di Jakarta, Kamis (9/12/2021).

Halal Vlog Competition 2021 mengangkat tema 'Halal itu Apa Sih?' Menurutnya, tema ini dipilih dengan harapan dapat tergali sebanyak-banyaknya pandangan masyarakat umum tentang pengertian halal. "Dengan itu, BPJPH bisa mendapatkan pemahaman yang sesuai dengan pandangan masyarakat dan dapat menentukan pendekatan yang sesuai dalam melakukan sosialisasi," tuturnya.

Lebih lanjut, Mastuki mengatakan bahwa dipilihnya vlog sebagai bentuk lomba tak lepas dari trend di tengah masyarakat yang kian menggemari vlog. Kompetisi ini diharapkan dapat menjadi media alternatif untuk menuangkan ide-ide kreatif masyarakat khususnya kaum milenial terkait dengan isu halal di Indonesia.

"Dengan begitu diharapkan kepedulian dan partisipasi publik terkait dengan isu halal akan meningkat, edukasi halal juga menjadi semakin masif, sehingga meningkat pula kesadaran halal masyarakat dan pelaku usaha," kata Mastuki.

"Implikasi dari hal itu tentu adalah meningkatnya jumlah pelaku usaha yang mengajukan sertifikasi halal ke BPJPH," tandas Mastuki.

Halal Vlog Competition yang dibuka untuk umum tersebut menyediakan hadiah total Rp60.000.000, terbagi untuk juara 1,2,3 dan 5 juara favorit. Rangkaian kegiatan lomba terlaksana sejak Oktober lalu. Diawali dengan tahap sosialisasi kompetisi melalui kanal media sosial BPJPH sejak 17 Oktober 2021 atau bertepatan dengan HUT BPJPH keempat, dilanjutkan dengan tahap pendaftaran peserta mulai 20 Oktober 2021.

Analis Kebijakan Ahli Madya pada Pusat Registrasi dan Sertifikasi Halal BPJPH, Cecep Kosasih, menambahkan, besarnya antusiasme peserta memaksa panitia mengundurkan pengumuman hasil lomba yang sedianya akan dilakukan pada 21 November 2021. "Ini dilakukan untuk memberikan waktu yang cukup bagi para yuri memberikan penilaian kepada semua video," terangnya.

Rencananya, setelah tahapan penjurian ini selesai, pengumuman hasil lomba akan dilakukan dalam waktu dekat melalui media sosial BPJPH. "Untuk itu, silahkan para peserta lomba untuk memantau terus informasinya di media sosial BPJPH," pungkasnya.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua