229 Siswa MAN 1 Surakarta Lolos Seleksi Perguruan Tinggi

Surakarta (Kemenag) --- Madrasah Aliyah Negeri ( MAN) 1 Surakarta berhasil menghantarkan 229 siswanya lulus di berbagai seleksi perguruan tinggi. Kepala MAN 1 Surakarta Slamet Budiyono mengatakan, siswanya lulus masuk perguruan tinggi melalui jalur SBMPTN, SNMPTN, SPAN PTKIN, Poltekes Negeri dan Politeknik Negeri.

“Hasil UTBK SBMPTN 2021 pada 14 Juni 2021. Alhamdulillah, 72 siswa MAN 1 Surakarta lulus,” ucapnya di Surakarta, Kamis (17/6/2021). 

Capaian ini cukup membanggakan, kata Budiono, karena lulus jalur seleksi UTBK- SBMPTN menjadi harapan para siswa kelas XII. Selain itu, ada 6 siswa yang diterima kuliah di Timur Tengah, 15  siswa masuk melalui jalur SNMPTN, dan 132 siswa  melalui seleksi SPAN PTKIN. Sedang 4 orang lolos Poltekkes.

Waka Bidang Akademik, Achmad Wardimin, menambahkan, total ada 386 siswa yang lulus MAN 1 Surakarta tahun ini. Artinyanada sekitar 60% yang lulus seleksi perguruan tinggi. Keberhasilan ini merupakan hasil kerjasama yang baik dari berbagai pihak.

“Bahwa keberhasilan ini adalah hasil semangat belajar para siswa dan semangat kerja bapak ibu guru serta tim sukses PTN-PTKIN MAN 1 Surakarta yang telah mengawal, mendampingi dan mengarahkan kepada seluruh siswa MAN 1 Surakarta,” kata Achmad Wardimin.

Menurut catatan tim akademik, siswa yang lolos di PTN melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN tersebar di UNAIR, UNBRAW,  ITS, Universitas Negeri Jember, UNM, UNS, UNDIP, UNNES, UNSOED, UGM, UNY, Universitas Negeri Tidar Magelang, dan UPI Bandung. Siswa yang lolos di PTKIN tersebar di UIN Walisongo, IAIN Surakarta, UIN Sunan Kalijaga, UIN Malang, UIN Surabaya, IAIN Salatiga, IAIN Purwokerto, IAIN Kudus, UIN Jakarta, dan UIN Sultan Ageng Tirtayasa. Sedang siswa yang lulus di Poltekkes adalah Poltekkes Negeri Surakarta dan Poltekkes Negeri Semarang.

"Keberhasilan ini diharapkan bisa mengangkat nama madrasah umumnya dan MAN 1 Surakarta khususnya, dalam percaturan pendidikan di Indonesia," tutupnya. (rsd/my)