Nasional

2.675 Pendaftar Lolos Seleksi Administrasi Beasiswa Indonesia Bangkit, Besok Mulai TPA dan Paikotes

Kasubdit Ketenagaan Diktis Ruchman Basori

Kasubdit Ketenagaan Diktis Ruchman Basori

Jakarta (Kemenag) --- Kementerian Agama sudah mengumumkan hasil seleksi administrasi program Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) tahun 2022. Pengumuman bisa dilihat oleh peserta melalui akun pendaftaran masing-masing sejak 30 September 2022.

“Total ada 2.675 peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi program BIB tahun 2022,” terang Kasubdit Ketenagaan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Kemenag Ruchman Basori di Jakarta, Senin (3/10/2022).

Menurutnya, total ada 6.507 peserta yang mendaftar program BIB 2022. Setelah dilakukan proses verifikasi dokumen pendaftaran, diperoleh 2.675 peserta yang dinyatakan memenuhi persyaratan dan lolos seleksi admistrasi.

Sebanyak 550 peserta, kata Ruchman, lolos seleksi administrasi untuk BIB program S1 Reguler. Sementara untuk S1 Prestasi, ada 39 peserta yang lolos seleksi administrasi. Adapun yang lolos seleksi administrasi untuk S1 program tahfiz, ada 94 peserta.

Untuk jenjang S2, sebanyak 582 peserta lolos di jalur reguler dan 79 orang lolos untuk beasiswa Bantuan Penyelesaian Pendidikan (BPP). Selain itu, ada 935 peserta lolos seleksi administrasi BIB pada program S3 dalam negeri. Sisanya, 396 peserta lolos seleksi administrasi beasiswa untuk Bantuan Penyelesaian Pendidikan (BPP) S3.

“Peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi, harus mengikuti tahap Tes Potensi Akademik (TPA) dan Psikotes,” jelas Ruchman.

“TPA dan Psikotes akan digelar dalam rentang 4 sampai 6 Oktober 2022, secara daring,” sambungnya.

Dijelaskan Ruchman, TPA dan Psikotes akan lebih dahulu digelar untuk peserta seleksi beasiswa S2, yaitu pada 4 Oktober 2022. Selang sehari atau pada 5 Oktober, giliran untuk seleksi program S3. “Untuk BIB program S1, TPA dan Psikotes digelar 6 Oktober 2022,” tuturnya.

Karena daring, lanjut Ruchman, peserta diwajibkan menyiapkan laptop yang sudah terinstal google chrome/mozilla firefox, handphone yang sudah terinstal aplikasi zoom meeting, dan headphone/headset. Laptop akan digunakan untuk mengerjakan tes dengan mengakses link website Psikotes online.

“Informasi terkait link website tes akan dikirimkan satu hari sebelum tes,” sebut Anna.

“Handphone akan digunakan untuk mengaktifkan zoom meeting,” tandasnya.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua