16 Orang TIM Pemandu Haji Indonesia Ikuti Tes

Bandar Lampung, 4/7 (Pinmas) - Sebanyak 16 orang Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) mengikuti tes yang diadakan oleh Kantor Wilayah Departemen Agama (Kanwil Depag) Provinsi Lampung. "Ke-16 orang TPHI yang mengikuti tes itu, pesertanya dari jajaran Kanwil Depag kabupaten/kota se-Lampung , termasuk IAIN," kata Kepala Kantor Wilayah Depag Provinsi Lampung, Drs H Basyuni Th Kahuripan, didampingi Kepala Bidang Haji, Drs H Nadhori Mauli, di Bandar Lampung, Selasa.   

Dia menjelaskan, materi ujian terdiri atas pengetahuan umum, manasik, wawancara dan psikotes.    Tugas TPHI adalah untuk menyertai jemaah haji dari mulai pemberangkatan hingga selesai melaksanakan ibadah haji.     Kebutuhan jumlah TPHI di Lampung disesuaikan dengan jumlah jemaah haji. "Tidak semua peserta tes akan menjadi petugas TPHI, karena disesuaikan dengan jumlah jemaah haji," ujar dia.   

Dia menambahkan, sistem penilaian yang dipergunakan untuk merekrut petugas PTHI dengan skoring atau peringkat.Panitia ujian PTHI berdasarkan hasil tes membuat rekomendasi berisi disarankan, dipertimbangkan dan ditunda.    "Peserta yang mendapatkan skor tertinggi oleh panitia tes mendapatkan rekomendasi disarankan untuk menjadi petugas PTHI," kata Basyuni.   

Basyuni dalam kesempatan itu juga menghimbau kepada para calon jemaah haji Lampung, untuk segera melunasi biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) pada Bank yang ditunjuk oleh pemerintah.    Kouta haji Provinsi Lampung tahun 2006 berjumlah 6.175 orang, sementara untuk yang mendaftar hingga masa pelunasan mencapai sekitar 5.500 orang.Ant/Myd