11 Lulusan MAN PK Makassar Diterima Kuliah di Al-Azhar Mesir

Jakarta (Kemenag) --- Lulusan madrasah tidak hanya diterima di berbagai perguruan tinggi terbaik di dalam negeri, tapi juga di luar negeri. Sebagai contoh, 11 alumni Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MAN PK) atau MAN 3 Kota Makassar yang diterima di Al-Azhar, Kairo.

Rabu (5/1/2022) mereka terbang ke Mesir untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi yang sudah berusia lebih dari 10 abad ini. Mereka kuliah di sana setelah lulus tes seleksi yang digelar Kementrian Agama. Mereka juga telah menyelesaikan kelas Bahasa Arab (Daurah Lugah) sebanyak tujuh level di Pusat Studi Islam dan Bahasa Arab (PUSIBA) Jakarta.

Guru MAN PK Kota Makassar Muh. Ilham yang ikut mendampingi keberangkatan siswanya ini mengatakan, PUSIBA adalah cabang Daurah Lugah yang ada di Mesir. PUSIBA Jakarta adalah satu-satunya cabang yang hanya ada di Indonesia, di negera lain belum dibuka.

“Kursus bahasa ini berlangsung selama lebih kurang enam bulan dalam tujuh level tingkatan,” ujarnya di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang saat mengantar keberangkatan para santrinya ke Mesir.

Sebelas orang siswa ini terdiri atas lima putri dan enam putra pilihan/terbaik yang masing-masing akan mengambil kuliah di  Fakultas Syariah, Fakultas Ushuluddin, dan Fakultas Lugah Arabiah (Bahasa Arab).

“Pertengahan Januari nanti, mereka akan menghadapi ujian semester awal di Universitas Al Azhar. Insya Allah mereka sudah siap dengan bekal yang mereka dapat selama menjadi santri di MAN PK,” terang Ilham.

Kepada para santrinya, Ilham mengingatkan bahwa mereka adalah duta-duta bangsa. Sehingga, mereka harus terus menjaga nama Indonesia serta almamater MAN PK Kota Makassar. 

“Mereka calon pemimpin masa depan. Suatu kebanggaan bagi Orangtua dan para ustaz atas semangat belajar mereka hingga sampai ke luar negeri,” tuturnya. 

“Semoga sukses menimbah ilmu di negeri para nabi, kembali membawa ilmu untuk membangun agama, bangsa dan negara. Amin ya rabbal alamiin,” harapnya.