11 Hari Pemberangkatan, Tiga Jemaah Haji Wafat di Tanah Suci

Jakarta (Kemenag) ---- Operasional penyelenggaraan Ibadah Haji tahun 1443 H memasuki hari ke-11. Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) mencatat ada tiga jemaah haji Indonesia yang wafat di Tanah Suci. 

"Perlu kami informasikan, hari ini, jemaah wafat 1 orang. Jadi, sampai saat ini total 3 jemaah Haji Indonesia yang sudah wafat di tanah suci," kata Juru Bicara PPIH Jakarta, Akhmad Fauzin saat memberikan keterangan pers di Asrama Haji Pondok Gede, (14/6/2022).

"Jemaah wafat bertambah 1 orang atas nama Bawuk Karso Samirun, perempuan, 58 tahun, nomor paspor C636 8711, kloter SUB4 asal Embarkasi Surabaya," tambah Akhmad Fauzin.

Dua jemaah lainnya yang wafat adalah Suharti Rahmat Ali Binti H Rahmat, jemaah kloter 1 Embarkasi Jakarta - Pondok Gede (JKG 1) dan Bangun Lubis Wahid, jemaah kloter 4 Embarkasi Padang.

Sementara jemaah sakit, lanjut Fauzin, tercatat ada 49 orang, dengan rincian, 43 orang di rawat jalan dan 6 orang lagi dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah.

"Mari kita do'akan semoga jemaah haji yang sedang sakit segera diberikan kesembuhan dan segera dapat melaksanakan rangkaian ibadahnya. Dan Jemaah yang wafat, semoga diampuni seluruh dosa dan kesalahan serta diterima ibadah hajinya sebagai haji mabrur. Amin ya Rabbal ‘Alamin," kata Akhmad Fauzin melangitkan do'a.

Untuk memudahkan Jemaah dan masyarakat dalam mengupdate informasi, sekaligus mendekatkan layanan, pemerintah telah menyediakan layanan WA Center di nomor +966 503 5000 17.

"Mari saling bahu membahu bersama dengan Pemerintah dalam memberikan pembinaan, pelayanan, dan pelindungan terbaik kepada Jemaah Haji. Semoga penyelenggaraan ibadah haji tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan Jemaah dapat beribadah dengan aman dan nyaman," tandas Akhmad Fauzin.