1.853 Lulusan UIN Ar-Raniry Ikuti Wisuda Secara Daring dan Luring

Banda Aceh (Kemenag) --- Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh meluluskan 1.853 wisudawan program pascasarjana dan sarjana pada rapat senat terbuka Semester Ganjil Tahun Akademik 2021/2022.  Ini terdiri dari 15 orang lulusan Program Doktor, 53 lulusan Program Magister dan 1.785 orang lulusan Program Sarjana.
 
Prosesi wisuda tersebut dilaksanakan secara daring dan luring. Bertempat di Gedung Auditorium Prof Ali Hasjmy Darussalam Banda Aceh, wisuda digelar selama 3 (tiga) hari, pada tanggal 8-10 Februari 2022.
 
Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh Warul Walidin mengungkapkan, dengan bertambahnya lulusan yang wisuda semester ini, maka jumlah alumni UIN Ar-Raniry Banda Aceh sampai saat ini berjumlah 48.745 orang. Ia berharap para alumni ini tampil sebagai motor penggerak perubahan di tengah masyarakat. 
 
“Para alumni juga harus menjadi lulusan yang berkualitas serta mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman terutama perkembangan teknologi dan informasi,” pesan Warul di hadapan para wisudawan, Selasa (8/2/2022). 
 
Selain itu, kata Warul era society 5.0 menuntut manusia agar terus mengembangkan kemampuan yang ada. Menurutnya, kemajuan era ini acapkali menyorot tata kelola lembaga pendidikan dan manajemen kerja berubah menjadi lebih maju dengan pendekatan teknologi sesuai kebutuhan.
 
“Jadilah sarjana yang hebat, alumni yang kokoh dan sosok intelektual dan ilmuan yang punya pendirian, profesional dan bermoral,” pesannya. 
 
Rektor mengajak para wisudawan agar senantiasa mengasah kemampuan diri dengan membekali keterampilan leadership, skill manajerial serta menguasai bahasa asing sehingga ilmu dan skill yang dimiliki membawa manfaat dan memberi kontribusi untuk masyarakat sekitar.
 
Sebelumnya, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Gunawan Adnan dalam laporannya menyebutkan lulusan yang diwisuda pada semester ini berasal dari beberapa fakultas. 
 
Pada Fakultas Syari’ah dan Hukum 233 orang, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 641 orang, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat 90 orang, Fakultas Dakwah dan Komunikasi 167 orang, Fakultas Adab dan Humaniora 103 orang.
 
Kemudian Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam 231 orang, Fakultas Sains dan Teknologi sebanyak 146 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan 80 orang, dan Fakultas Psikologi sebanyak 94 orang.
 
“Dari 1855 lulusan, sebanyak 30 orang lulus dengan predikat Cum Laude, 718 dengan predikat Pujian, predikat sangat baik 1.018 orang dan 87 orang lulus dengan predikat baik,” kata Gunawan. 


 
Pada kesempatan tersebut, Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh juga memberikan penghargaan (bungong jaroe) kepada 50 lulusan terbaik perwakilan dari setiap program studi.
 
Namun, ada yang berbeda prosesi wisuda kali ini, para lulusan terbaik dari masing-masing prodi usai menerima penghargaan dari Rektor, mereka langsung bersimpuh di kaki orang tuanya sebagai bentuk ucapan rasa syukur dan terima kasih atas pengorbanan dan perjuangan mereka. [Arkin l Humas UIN Ar-Raniry]