Nasional

Survey BPS : Pelayanan Haji 2011 Dinilai Memuaskan

Jakarta (Pinmas) - Tingkat kepuasaan jamaah haji tahun 2011 terhadap pelayanan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) secara keseluruhan tergolong di atas standar, demikian menurut survei dari Badan Pusat Statistik (BPS). "Secara keseluruhan, tingkat kepuasan jamaah haji sebesar 83, 31 persen yang berarti tergolong memuaskan atau di atas standar," kata Kepala BPS Suryamin, saat menyampaikan hasil survei, di Gedung BPS, Jakarta Pusat, Selasa. Aspek pelayanan dengan pemenuhan harapan tertinggi dari jamaah haji terdapat pada pelayanan petugas kloter, yakni sebesar 88,37 persen.

Menurut Suryamin, indeks rata-rata sebesar 83,31 persen tersebut diperoleh dari 5.348 kuesioner yang layak diolah atau 98,50 persen dari 5.428 dari respon yang terkumpul. Suryamin menambahkan meskipun tingkat kepuasan jamaah haji terhadap pelayanan PPIH disimpulkan di atas standar, namun di beberapa kategori seperti pelayanan transportasi dan katering di beberapa daerah kerja PPIP masih rendah.

Untuk transportasi, tingkat kepuasan tercatat 77,41 persen dan katrering 78,07 persen. "Tingkat kepuasaan tersebut di bawah 90 persen jadi tergolong rendah jika dibandingkan kategori-kategori lain," katanya. BPS mengambil sampel sebanyak 2.500 responden di setiap daerah kerja PPIH 2011, yakni Jeddah, Mekah, Madinah, dan Armina. Selain itu, BPS juga melakukan survei dengan metode wawancara dengan mengambil sampel per kloter di setiap embarkasi pemberangkatan jamaah haji 2011.(ant)

Tags:

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua