Nasional

Kemenag Review Capaian Pembelajaran Mapel PAI dan Bahasa Arab di Madrasah

Review capaian pembelajaran madrasah

Review capaian pembelajaran madrasah

Bogor (Kemenag) --- Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah melakukan review capaian pembelajaran (CP) untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab pada madrasah. Review dilakukan oleh perwakilan guru, pengawas, kepala madrasah se-Indonesia, 11 - 13 Januari 2024, di Bogor.

Direktur KSKK Madrasah M Sidik Sisdiyanto mengatakan pihaknya terus berupaya mendengar masukan dari banyak pihak dan mengikuti dinamika perjalanan implementasi kurikulum merdeka di madrasah. Menurutnya, salah satu masukan yang perlu segera direspon adalah pentingnya mengkaji ulang Capaian Pembelajaran di madrasah.

“Review Capaian Pembelajaran (CP) ini dilakukan untuk mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab di madrasah untuk semua jenjang dari mulai RA, MI, MTs, dan MA/MAK,” terang Sidik Sisdiyanto di Bogor, Kamis (11/1/2024).

Dijelaskan Sidik, sedikitnya ada tiga hal yang menjadi perhatian dalam proses review. Pertama, review Capaian Pembelajaran (CP) Mata Pelajaran PAI & Bahasa Arab di madrasah dilakukan berdasarkan pedoman Penyusunan CP yang diterbitkan Kemdikbudristekdikti. Kedua, review CP berdasarkan kajian dan dinamika implementasi di madrasah.

“Ketiga, review dalam rangka memberi ruang kepada guru untuk secara merdeka melaksanakan pembelajaran di kelas,” sebutnya.

Kurikulum Merdeka, kata Sidik, merupakan penyempurna kurikulum 2013. Kurikulum Merdeka menggunakan pendekatan yang lebih kontekstual, inklusif, dan berpusat pada siswa. Kurikulum ini menawarkan pendekatan baru dalam pengembangan kurikulum pendidikan di Indonesia.

“Kurikulum Merdeka menekankan pengembangan potensi siswa yang lebih inklusif dan kreatif,” ujarnya.

“Merdeka Belajar adalah kebebasan bagi guru dan siswa dalam menentukan dan melaksanakan sistem pembelajaran yang aktif, efektif, asyik, dan menyenangkan,” sambungnya.

Kepala Sub Bagian Kurikulum, Abdul Basit dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini bertujuan mengkaji ulang Capaian Pembelajaran (CP) pada mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab di madrasah untuk semua jenjang dari mulai MI, MTs dan MA/MAK.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua