Jumat, 10 Februari 2017, 23:04

Rotasi dan Promosi Pejabat, Sekjen: ASN Harus Tingkatkan Layanan Publik

Sekjen Kemenag Nur Syam melantik sejumlah pejabat Eselon III dan IV Setjen, Litbang dan Itjen. (foto: sandi)

Jakarta (Pinmas) --- Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nur Syam melantik dan mengukuhkan tidak kurang dari 140 orang pejabat Eselon III dan IV di lingkungan Kementerian Agama. Seremonial pelantikan dilakukan di Auditorium HM. Rasjidi Kementerian Agama, dan dihadiri para pejabat Eselon II Setjen Kemenag.

Nur Syam mengatakan, dalam dunia birokrasi terdapat dua kata penting yakni rotasi dan promosi. Menurut mantan Rektor IAIN Sunan Ampel Surabaya ini, keduanya niscaya dan tidak bisa dihindari dalam dunia birokrasi.

"Rotasi dan promosi tidak harus dipandang dari sudut yang macam-macam tetapi merupakan bagian dari proses yang harus kita lampaui, laksanakan dan menjadi tugas kita semua," ujarnya, Jumat (10/02).

Hal terpenting dari semua proses itu, lanjut Nur Syam, adalah bahwa ASN Kemenag di manapun tempatnya harus mampu melaksanakan dan meningkatkan pelayanan publik. Hal ini sejalan dengan Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Untuk itu, pelayanan publik di Kementerian Agama ke depan harus lebih optimal, maksimal dan memuaskan pelanggan, baik internal maupun eksternal.

Nur Syam menambahkan , nilai pelayanan publik Kementerian Agama berdasarkan penilaian Ombudsman Republik Indonesia (ORI) adalah 65,90. Capaian ini menempatkan Kemenag berada pada peringkat 21 dari 87 Kementerian dan Lembaga. Kementerian Agama berada di depan Kementerian Kelautan yang menempati peringkat 22 (60,15) dan Kementerian Sosial di peringkat 23 (58,88). Beberapa hal yang dikaji ORI antara lain: tersedia atau tidak tersedianya layanan, kepastian waktu dan biaya, prosedur dan alur layanan.

Kementerian Agama saat ini sudah memiliki Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Di situ, sudah ada kepastian waktu, serta prosedur dan alur layanan yang jelas. Dengan PTSP, lanjut Nur Syam, Kemenag diharapkan terhindar dari proses birokrasi bawah meja, birokrasi meja pingpong dan birokrasi banyak meja.

"Kita hidup di era transparansi, segala macam layanan yang kita berikan akan dinilai oleh masyarakat," katanya.

"Mudah-mudahan dengan telah diresmikannya Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) akan dapat meningkatkan pelayanan publik," tambahnya.

"Saya yakin dan percaya dengan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), pada tahun yang akan datang kualitas pelayanan publik Kementerian Agama akan mengalami peningkatan," tutupnya.

Sebanyak 31 pejabat yang dilantik menempati jabatan setingkat eselon III di Sekretariat Jenderal. Mereka antara lain: Ida Noor Qosim (Kabag Data Perencanaan dan Kerja Sama Dalam Negeri pada Biro Perencanaan), Teguh Sarwono (Kepala Bagian Data, Informasi, dan Naskah Kepegawaian pada Biro Kepegawaian), Satriyono Eddy Pramiharso (Kepala Bagian Pembendaharaan Pelaksanaan Anggaran pada Biro Keuangan dan BMN), Afrizal Zen (Kepala Bagian Organisasi pada Biro Organisasi), Anang Kusmawandi (Kepala Bagian Perancangan, Peraturan, Perundang-undangan dan Naskah Perjanjian pada Biro Hukum dan KLN), Dedy Rosady (Kepala Bagian Kearsipan dan Tata Usaha pada Biro Umum), Sulistyowati (Kepala Bagian Data pada Biro Hubungan Masyarakat, Data, Dan Informasi), Wawan Djunaedi (Kepala Bidang Harmonisasi Umat Beragama pada Pusat Kerukunan Umat Beragama), dan Emma Nurmawati Hadian (Kepala Bidang Bimbingan dan Kelembagaan Agama Konghucu pada Pusat Bimbingan dan Pendidikan Konghucu).

Sedangkan lima belas lainnya adalah pejabat Eselon III di Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama. Mereka antara lain: Nurudin (Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Agama dan Pendidikan Tinggi Keagamaan pada Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan, dan Muhamad Murtadlo (Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Keagamaan dan Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan).

Selain itu, ada empat pejabat eselon III Itjen Kemenag yang dilantik, yaitu: Ahmad Hariyanto (Kepala Bagian Kepegawaian dan Umum Sekretariat Itjen), Andewi Susetyo (Kepala Bagian Perencanaan Organisasi dan Hukum Sekretariat Itjen), Kotibul Umam (Kepala Bagian Pengelolaan Hasil Pengawasan Sistem Informasi Sekretariat Itjen), dan Abdul Karim (Kepala Bagian Keuangan dan BMN Sekretariat Itjen).

Dilantik juga dalam kesempatan ini, 120 aparatur yang dilantik sebagai pejabat Eselon IV di lingkungan Setjen Kemenag. (didah/mkd/mkd)

Berita Lainnya
Senin, 29 Mei 2017, 13:42

Raih WTP, Menag: Penghargaan Ini Hasil Kerja Keras Seluruh Satker

Senin, 29 Mei 2017, 10:59

Kementerian Agama Raih Opini WTP Atas Laporan Keuangan Tahun 2016

Jumat, 26 Mei 2017, 14:26

Eusabius Binsasi Lantik Empat Pejabat Ditjen Bimas Katolik

Rabu, 24 Mei 2017, 17:31

Menag: ASN Kemenag Harus Hadir Memberi Solusi di Tengah Masyarakat

Senin, 22 Mei 2017, 16:47

Jadi Irup Upacara Harkitnas, Kabalitbangdiklat Sampaikan Tantangan Era Digital