Internasional

Siswa MAN IC Serpong Raih Medali Perak Internasional Biology Olympiad

Bogor (Kemenag) --- Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Serpong meraih medali perak pada ajang Internasional Biology Olympiad (IBO) Challenge. Kompetisi ini berlangsung secara daring, 7-13 Agustus 2020.

Kabar ini disambut Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah A Umar. Menurutnya, dalam situasi pandemi covid-19, siswa madrasah terus berprestasi, bahkan hingga tingkat dunia. Ini sekaligus menjadi hadiah HUT ke 75 kemerdekaan Indonesia.

"Alhamdulillah, delegasi MAN IC Serpong yang tergabung dalam Tim Olimpiade Biologi Indonesia ikut mengharumkan nama bangsa," ujarnya di Jakarta, Rabu (26/08).

"Farrel Alfaza Marsetyo, Siswa MAN IC Serpong, Banten, berhasil meraih medali perak," sambungnya.

Menurut Umar, selain Farrel, ada satu siswa SMA yang meraih perak, dan dua siswa SMA raih perunggu. Hasil lomba diumumkan pada 24 Agustus 2020 sore melalui laman website IBO Challenge 2020.

Umar menjelaskan, keikutsertaan Farrel di IBO Challenge setelah melalui seleksi berjenjang oleh Kemendikbud dan Tim Olimpiade Biologi Indonesia (TOBI). Seleksi itu dilakukan dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional. Seleksi nasional berlangsung pada tahun 2019 di Manado.

Kompetisi IBO meliputi tes teori dan tes praktikum. Keduanya dilaksanakan secara daring. Sistem penilaian berdasarkan pada bobot yang sama antara tes praktikum dan tes teori.

"Selamat dan semoga ini memotivasi siswa madrasan lainnya untuk berprestasi sesuai bidang minat dan bakatnya," harap Umar.

Internasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua