PHDI Dukung UHN IGB Sugriwa Menuju World Class University

Jakarta (Kemenag) --- Ketua Umum Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat Wisnu Bawa Tenaya memyambut baik dan mendukung upaya Kementerian Agama menjadikan Universitas Hindu Negeri (UHN) IGB Sugriwa sebagai World Class University.

Menurut Wisnu Bawa Tenaya perkembangan dan pertumbuhan UHN IGB Sugriwa dalam memajukan pendidikan anak negeri di Pulau Dewata Bali terus mengeliat seiring laju perubahan zaman. "Kami (PHDI) sangat bangga dan mendukung  dicanangkannya UHN IGB Sugriwa menuju World Class University oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas baru-baru ini. Bali adalah gerbang Indonesia di mata dunia," kata Wisnu Bawa Tenaya, Minggu (19/9/2021) di Jakarta.

"Kami akan terus mendukung langkah Kementerian Agama khususnya dalam mewujudkan salah satu program quick wins Kementerian Agama yakni UHN IGB Sugriwa menuju World Class University," sambungnya.

Sebagai mitra kerja Kementerian Agama dalam pemberdayaan umat Hindu di Indonesia, PHDI lanjut Wisnu siap menjalin kerja sama dengan UHN Sugriwa dalam mewujudkan mimpi besar menuju World Class University.

Mantan Pangdam IX/Udayana dan Danjen Kopasus ini menyatakan Kementerian Agama dan UHN IGB Sugriwa adalah mitra strategis PHDI. "Keberadaan UHN IGB Sugriwa membuktikan umat Hindu di Indonesia bersatu dalam kerukunan bersama dengan antar umat bergama di Indonesia. UHN IGB Sugriwa juga telah membuka mata dunia bahwa umat Hindu Indonesia adalah umat yang moderat yang menerima perbedaan," tandasnya.

Ia menambahkan, UHN IGB Sugriwa di bawah kepemimpinan I Gusti Ngurah Sudiana terus membawa perubahan, utamanya pengembangan pendidikan di wilayah Bangli. Cita-cita membangun masyarakat Bangli dari sisi pendidikan seiring dengan tujuan pendidikan agama Hindu menuju kepada pembentukan manusia seutuhnya, yaitu sehat dan sejahtera lahir batin.

"Dalam agama Hindu dikenal Mokshartam jagatdhita ya caiti dharma. Yaitu, pencapaian kondisi yang serasi, selaras, seimbang, dan harmonis antara jasmani dan rohani, lahir dan batin serta dunia dan akhirat," tutup Wisnu Bawa Tenaya.