Perkemahan Wirakarya PTK XV Digelar November 2021

Palembang (Kemenag) ---  Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN PTK) ke XV dipastikan akan digelar pada 9-14 November 2021. Selaku tuan rumah adalah UIN Raden Fatah Palembang.

Awalnya gelaran PWN PTK ini dijadwalkan pada 20-26 Agustus 2021. Namun, karena kondisi Covid-19, kegiatan ditunda.

Kepastian berlangsungnya PWN PTK pada November mendatang ditetapkan dalam Rapat Koordinasi Wakil Rektor/Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama PTKIN se-Indonesia. Rakor berlangsung di Palembang, 14-16 September 2021. 

“Arahan Bapak Menteri Agama PWN PTK dapat dilaksanakan pada tahun 2021 dengan menerapkan protokol kesehatan dan mitigasi Covid-19,” terang Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Ditjen Pendidikan Islam Suyitno, di Palembang, Selasa (14/9/2021).

Pihaknya, lanjut Suyitno, sedang melakukan reprograming dan rebudgetting atas rencana penyelenggaraan PWN PTK. Perencanaan ulang program ini dilakukan baik dari sisi jumlah peserta, model kegiatan luring dan daring, kegiatan bhakti, termasuk pergerakan peserta dari satu kegiatan ke kegiatan lainnya.

Guru Besar UIN Palembang ini mengatakan, di tengah pandemi Covid-19, penyelenggara ditantang untuk menyuguhkan model kegiatan perkemahan yang mempertimbangkan mitigasi covid secara matang.

“Kita sedang menyiapkan aplikasi PWN yang bisa diunduh di HP masing-masing peserta untuk memantau pergerakan peserta, penerapan prokes dan sajian kegiatan,” kata Suyitno di hadapan 58 WR/WK III PTKIN se-Indonesia.

Selain menetapkan kembali waktu pelaksanaan dan review Juknis PWN PTK XV 2021, Rakor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama PTKIN juga membahas implementasi KIP Kuliah dan kegiatan Olimpiade Agama, Sains dan Riset (OASE) Tingkat Nasional. OASE dijadwalkan berlangsung pada 25-28 November 2021 di UIN Ar-Raniry Aceh. Dibahas juga dalam rakor ini sejumlah program kemahasiswaan lainnya.

Rektor UIN Raden Fatah Palembang, Nyayu Khadijah, berharap PWN PTK dapat berlangsung dengan baik dan lancar, serta menyediakan akses yang luas bagi mahasiswa PTK di bidang kepramukaan.

Nyayu mengatakan sebuah kebahagiaan, jika pihaknya mampu menyediakan pelayanan kepada mahasiswa pramuka dengan optimal, agar berkembang daya pikir, semangat nasionalismenya dan tentu ketrampilan kepramukaannya.

Kasubdit Sarpras dan Kemahasiswaan Ditjen Pendidikan Islam Ruchman Basori mengatakan selain giat bhakti,  PWN peserta juga akan dibekali dengan wawasan kebangsaan, pendidikan anti korupsi, revolusi industry 4.0, generasi millennial dan Indonesia emas 2045.

Pembukaan rakor dihadiri juga oleh Asisten Gubernur Sumatera Selatan Rosyidin, Wakil Rektor I Muhammad Adil, WR II Abdul Hadi, WR III Hamidah, Kepala Biro AUPK dan Karo AAKK Mirwan Fasta, dan Waslitev PWN PTK XV 2021.