Nasional

Menag Sosialisasi Prokes Penyelenggaraan Iduladha 1442H ke Pesantren di Jateng

Menag bersilaturahim ke Pesantren API Tegalrejo

Menag bersilaturahim ke Pesantren API Tegalrejo

Tegalrejo (Kemenag) --- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas kembali melanjutkan roadshow silaturahim dan sowan ke sejumlah ulama sekaligus pengasuh Pondok Pesantren di Jawa Tengah.

Bertolak dari Pekalongan, Gus Menteri Yaqut Cholil mengawali silaturahin di hari kedua dengan sowan ke pimpinan dan pengasuh Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam (APi) Tegalrejo, Kabupaten Magelang, KH M. Yusuf Chudlori yang akrab disapa Gus Yusuf.

Di pesantren salafi yang didirikan pada 1944 oleh K.H. Chudlori itu, Gus Menteri kembali menyampaikan pesan khusus Presiden Joko Widodo tentang pentingnya ikhtiar bersama ulama dan kyai dalam menekan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Pandemi Covid-19 belum berakhir dan kita tidak tahu sampai kapan pandemi ini. Silaturahim ke sejumlah ulama dan kyai pimpinan pondok pesantren di Jawa ini juga merupakan perintah Presiden Joko Widodo. Beliau menitipkan salam dan meminta kepada kita semua untuk tetap patuhi prokes khususnya dalam menyambut perayaan Iduladha 1442H," ujar Menag, di Tegalrejo, Kamis (24/6/2021).

"Kami juga mohon doa dari keluarga besar PP Asrama Perguruan Islam Tegalrejo agar pandemi Covid-19 ini segera berakhir," sambung Menag.

Kunjungan silaturahim ini sekaligus menyosialisasikan edaran Menteri Agama No SE 15 Tahun 2021 tentang penerapan protokol kesehatan dalam penyelenggaraan Salat Iduladha dan pelaksanaan qurban 1442 H/2021 M di masa pandemi Covid-19.

Hadir mendampingi Menag, Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Anggito Abimanyu, Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, Dirjen Pendidikan Islam Ali Ramdhani dan Kakanwil Kemenag Jateng Mustain Ahmad.

Turut hadir juga, Stafsus Wibowo Prasetyo, Adung Abdul Rochman, Nuruzzaman dan Kabag TU Pimpinan Thobib Al-Asyhar.

Selain sosialisasi prokes, dibahas juga rencana pemberian bantuan Kemenag untuk ruang kelas baru dan perubahan nama lembaga pendidikan keagamaan PP Asrama Perguruan Islam Tegalrejo. Pertemuan ini diakhiri dengan penyerahan bantuan hewan qurban, Al-Qur'an, dan masker.

Kunjungan Menag kemudian dilanjutkan dengan sowan ke pimpinan PP Roudlotut Thulab, Magelang, KH Akhmad Said Asror. Di pesantren ini, juga diserahkan bantuan hewan qurban, Al-Quran, dan masker.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Rikie Andriyawan

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua