Selasa, 18 Juni 2013, 16:34 –
Karo Kepegawaian: Jumlah PNS Kementerian Agama Masih Berlebih

Jakarta (Pinmas) —- Sampai saat ini, jika dilihat dari besarnya satuan kerja, serta visi, misi, tugas, dan fungsi kelembagaan, jumlah PNS Kementerian Agama masih berlebih dibandingkan dengan kebutuhan. Hal tersebut disampaikan Kepala Biro Kepegawaian, Mahsusi, saat membuka Pelaksanaan Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat Tahap I tahun 2013, di Jakarta, Selasa (18/6).

Sebaliknya, jika dilihat dari segi kompetensi sesuai bidang dan tugas, Mahsusi menegaskan bahwa kompetensi pegawai Kemenag masih kurang. Untuk itu, Mahsusi berharap pelaksanaan ujian dinas ini dapat berkontribusi dalam meningkatkan kompetensi pegawai Kemenag.

“Mudah-mudahan di samping diklat, ujian ini berkontribusi positif untuk meningkatkan motivasi bekerja, keikhasan bekerja, profesionalitas dalam bekerja, integritas dan komitmen dalam bekerja”, terang Mahsusi.

Lebih lanjut, Mahsusi berharap peserta ujian dapat menyesuaikan diri sekaligus menjadi teladan, baik bagi diri maupun sejawatnya. Mahsusi meminta agar mulai hari ini, tidak ada PNS Kemenag yang pekerjaannya hanya menemani temannya bekerja. Bagi peserta yang dalam kesehariannya hanya menemani temannya bekerja, mohon introspeksi, bertaubat, dan harus giat bekerja.

Untuk itu, Mahsusi berharap ujian ini dilakukan secara sungguh-sungguh. “Kita berharap jangan sampai ada persepsi bahwa ujian ini adalah formalitas”, ujar Mahsusi.

Mahsusi juga menjelaskan bahwa sejak tahun 2011 dan 2012, Kemenag tidak melakukan rekrutmen. Meski demikian, pegawai Kemenag tetap masih berlebih.

Saat ini, lanjut Mahsusi, tenaga honorer Kategori 1 (K-1) Kemenag kurang lebih 10.000 orang, sedang yang kategori 2 (K-2) kurang kebih 42.000. Kalau pada tes yang akan dilaksanakan bulan Agustus lulus sepertiganya (30 %), berarti akan ada penambahan PNS kurang lebih 13.000 orang. Padahal pegawai yang pensiun hanya 9.800 orang. Jadi, antara yang pensiun dan yang bertambah, banyak yang bertambah.

“Maka bila ada rekrutmen baru lagi, pegawai Kementerian Agama bertambah banyak”, ujar Mahsusi.

Pelaksanaan Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat Tahap I tahun 2013 dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, baik bagi peserta di lingkungan Eselon I Pusat, Kantor Wilayah Kemenag Provinsi, PTAN, Balai Diklat Keagamaan, maupun Balai Litbang Agama.

Menurut Kabag Assesment dan Pengembangan Pegawai, Teguh Sarwono, jumlah peserta Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat Tahap I tahun 2013 s.d. 17 juni 2013 berjumlah 1304 orang. Adapun rinciannya: 308 pegawai dari Unit Eselon I, Kanwil Kemenag DKI, dan UIN Jakarta, serta 994 pegawai dari PTAN, Kanwil Kemenag Provinsi, Balai Diklat Kegamaan, dan Balai Litbang Agama. (dm)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.014442 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.54
Jumlah pengunjung: 13725857
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2014. Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.