Rabu, 19 Desember 2012, 14:07 –
Dirjen Pendis Buka Porseni dan dan Ekspo Madrasah Jabar

Cibinong (Pinmas)— Pembukaan Pekan Olahraga Seni (Porseni) dan Ekspo Madrasah tingkat MTs dan MA Provinsi Jawa Barat dilakukan Dirjen Pendidikan Islam Nur Syam mewakili Menteri Agama Suryadarma Ali di lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Bogor, Jabar, Selasa (18/12) sore.

Prosesi acara pembukaan Porseni ini diawali dengan penampilan tari kolosal sejarah perkembangan Islam di Bogor (Kian Santang) dan atraksi 1600 marawis disusul devile merah putih dan kontingen dari 26 kabupaten dan kota se – Jawa Barat mampu menyita perhatian ribuan hadirin dilokasi itu.

Dalam sambutan Menteri Agama yang disampaikan Dirjen Pendidikan Agama Islam, Prof.Dr.Nur Syam berpesan tidak ada prestasi yang dapat diraih tanpa kerja keras. Dalam meraih prestasi itu patut menjunjung sportifitas dan kejujuran yang mencerminkan generasi penerus bangsa yang berakhlak mulia.

Menag mengatakan berkaitan dengan peningkatan mutu pendidikan madrasah, Kementrian Agama RI mengusahakan pelayanan optimal bagi guru dalam hal pembinaan mutu dan kesejahteraan, pemenuhan sarana dan prasarana pembelajaran, akreditasi, pemenuhan biaya operasional termasuk tingkat menengah melalui BOS MA, penyelenggaraan kompetisi siswa dan lain-lain. Setiap tahunnya anggaran pendidikan selalu meningkat, oleh karena itu mutu pendidikan Islam pun wajib meningkat.

“Melalui Porseni ini, mari kita bersama-sama menciptakan para juara sejati karena saya yakin proses seleksinya dilakukan dengan cara kompetitif, kualitatif, dan objektif. Para juara adalah yang mengedepankan prestasi daripada prestise. Kepada para juara kita selalu menaruh harapan agar mereka bisa berbagi kemenangan yang membanggakan”, ucap Nur Syam sekaligus membuka Porseni secara resmi yang ditandai dengan pemukulan gong.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jabar Drs.H.Saeroji menjelaskan kegiatan Porseni dan Ekspo Madrasah tingkat MTs dan MA Provinsi Jawa Barat berlangsung mulai tanggal 18 Desember 2012 hingga 20 Desember 2012.

Tujuan kegiatan ini, lanjut dia, untuk menggali potensi dan keunggulan madrasah serta untuk menggali potensi peserta didik dibidang seni dan olahraga. Sedangkan Expo Madrasah bertujuan menggali potensi keunggulan dalam kreatifitas dan inovasi yang berkaitan erat dengan pendidikan madrasah.

Dalam kegiatan ini dilombakan 11 cabang tingkat MTs dengan 1560 peserta dan 10 cabang lomba tingkat MA dengan 1118 peserta. Yakni, cabang olahraga, lomba pidato bahasa Arab dan Inggris, Kaligrafi, Cipta puisi kandungan Alquran, Fahmil Qur’an, MTQ, Qasidah yang mengankat Tema: “Raih Prestasi, Jalin Silaturahmi, Junjung Sportifitas”.

“Kepanitiaan kegiatan ini, lanjut dia, melibatkan unsur Polres, Kodim, Satpol PP, PMI dan Pramuka,” lanjut H.Saeroji.

Menurutnya, kontingen yang turut memeriahkan kegiatan ini berasal dari Kota Banjar, Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Cianjur, Kota Cimahi, Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kota Depok, Kabupaten Garut, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Karawang, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Subang, Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, dan Kabupaten Bogor.

Dia menambahkan, guna memperlancar kegiatan PORSENI dan EKSPO, panitia telah memfasilitasi penginapan bagi para atlit dan peserta yang berlokasi di Wisma Dharmais dan Buper Cimandala desa Cimandala Sukaraja, MTs Al Kinanah Cibinong Jl. Raya Tegar Beriman Kel.Pakansari Cibinong, Perumahan Cilodong Sukmajaya, Muanah Cirimekar Cibinong, dan Hotel Cibinong.

Sebagai tuan rumah, Bupati Bogor Rahmat Yasin menyampaikan selamat datang di kabupaten Bogor sekaligus berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) yang telah mempercayakan penyelenggaraan kegiatan.

Dia menambahkan acara pembukaan Porseni mengalami keterlambatan dan disertai guyuran hujan, namun semua ini tidak mengurangi semangat kita semua khususnya peserta lomba untuk meraih sukses dan prestasi.

“Saya juga menyampaikan permohonan maaf apabila dalam pelaksanaannya masih ada hal – hal yang belum berkenan. Dalam kesempatan ini saya berharap kepada peserta kontingen untuk terus meraih prestasi dan menjaga citra pelajar MTs dan MA,” papar Bupati Bogor.

Acara dilanjutkan dengan mengunjungi stand pameran puluhan madrasah dari 26 kabupaten dan kota se – Jabar di halaman Masjid Raya Baitul Faidzin diiringi hiburan kesenian musik khas Sunda asal Leuwiliang Bogor. (BB)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.012667 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 12933836
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013. Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.